Thursday, December 30, 2010

Nasionalisme Rasa Bola

Nonton bareng Final Piala Aff Indonesia Vs Malaysia


Kenapa saya mengatakan begitu...yah seperti yang semua tahu pertandingan Final Piala Aff yang telah berlangsung pada tanggal 26 dan 29 Desember kemarin telah memberikan rasa yang berbeda. Sepak bola adalah salah satu olahraga yang boleh dibilang me-rakyat yah sebut saja begitu, apalagi kalau pertandingan ini sudah menyangkut negara. Timnas Indonesia yang bertanding pun pelak memikul beban berat semua harapan dari seluruh masyarakat Indonesia tumpah pada kesebelas pemain andalan Indonesia itu.

Memang pada akhirnya Malaysia menjadi juara pada Piala Aff tahun ini tapi coba lihat euforia para pendukung Timnas Indonesia terlepas dari mereka mengerti atau tidak tentang permainan sepak bola, nama seluruh pemain cukuplah tahu akan Bambang Pamungkas, Gonzales atau bahkan Irfan Bachdim yang saat ini sedang naik daun di beberapa kalangan tanpa memperdulikan itu semua yang penting adalah memberikan dukungan dengan berbagai cara, mulai dari datang langsung ke Stadion, ikut gabung di acara Nobar yang di adakan oleh beberapa penyelenggara atau bahkan hanya menonton dari rumah saja terserah apapun caranya saya yakin pada kedua tanggal itu hampir seluruh masyarakat Indonesia tengah menyaksikan acara yang sama yaitu pertandingan Final Piala AFF Indonesia VS Malaysia .
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Bersama

Awalnya saya sudah bisa mengira ini akan menjadi topik hangat, karna yahh seperti yang kita tahu sendiri bagaimana hubungan negara yang kita cintai ini dengan negara yang menjadi lawan kita itu. Apalagi sekarang negara itu telah menjadi Juara, yahh boleh dibilang bisa saja negar aitu akan tambah besar kepala. Tapi sudahlah boleh diakui kalau memang mereka punya tipe permainan yang cukup bagus apapun itu permainan dari Timnas Indonesia dapat diacungi jempol...seluruh masyarakat Indonesia bangga atas perjuangan yang telah dilakukan.

Acara nonton bareng yang saya ikuti menyisakan kesan yang cukup dalam buat saya. Ada apa ? yahh euforia semacam ini sudah lama ingin saya rasakan. Bangga akan INDONESIA negri yang kaya akan pesona, negri yang punya potensi. Bangga berpakaian merah dengan lambang Garuda didada dan bertuliskan "INDONESIA" pada bagian punggung belakang, bangga bersorak nama bangsa yaitu "INDONESIA". Bangga menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan berdiri bersama pada saat pertandingan dimulai...Bangga untuk lahir dan tinggal di Indonesia. Saya pun hadir dengan mengenakan jaket berwarna merah dengan lambang Garuda didada dan tulisan INDONESIA di punggung belakang.

Apapun yang terjadi mungkin memang harus ada pembenahan dari organisasi yang mengelola TIMNAS Indonesia karna tanpa pembenahan yang pasti dan perubahan yang kongkrit bisa saja Garuda yang selalu ada di dada seluruh warga negara Indonesia akan lebih menunjukkan taji nya. Sebuah pembuktian atas harapan dan rasa bangga, bangga memilki pemain yang berkualitas dan tentunya dari organisasi yang berkualitas pula yang mampu mengahrumkan nama bangsa.

Selamat buat Timnas Indonesia we still proud of you ...ini adalah menang yang tertunda.

1 comment:

suzannita said...

Meski Indonesia Menang Tanpa Piala, Kami Bangga menjadi bangsa Indonesia