Friday, March 30, 2007

kenapa tak peduli

Pagi ini tepatnya hari ini seperti biasa aku mo berangkat ke palcomyech buat aktivitasan bekerja dan seperti biasa pula aku harus mengendarai sebuah bus yang seperti biasa pula klo pagi pasti penuh dengan penumpang2 yang bermacam rupa.Sudah separuh perjalanan dari rumah dan akan menuju ke palcomtech kira2 di simpang sekip arah ang.66 ada seorang kakek2 yang naek angkot sendirian tanpa ditemani anaknya ataupun keluarganya yang laen dengan terengah-engah sang kakek menaiki bis itu dan pas sampai didalam bis dia melihat ke arah depan dan belakang dan ternyata semua kursi buat dia duduk telah penuhalias berisi penumpang2 termasuk aku yang tengah enak2nya duduk(tau kan klo dalam bis berdiri tuh rasanya gimana gitu) sang kakek pun pasrah aja tak ada stu kata patah pun mengalir dari bibirnya untuk meminta tempat duduk karna pikirnya meminta pun percuma Aku yang pada saat itu merasa iba dan aku pikir
"kenapa aku tak memberikan tempat dudukku buat kakek itu?"
lalu di sisi laen pikiranku berkata seperti ini
"kenapa harus aku?kan yang laen banyak lagian tempat kakek itu berdiri cukup jauh dari tempat dudukku jadi buat apa ku memberikan tempat dudukku?
lalu aku berpikir lagi
"kenapa aku sepicik itu?kenapa aku harus sama dengan mereka yang tahu tapi pura2 tidak tahu dan bahkan tak peduli dengan kondisi kakek itu yang sudah tua renta apalagi di tangan kanannya di memegang sebuah handuk kecil untuk mengelkap keringatnya"
Kulihat sekelilingku mereka benar2 tampak acuh dan merasa tak peduli dengan kakek itu.dan bukan karna ingin di puji atau sok pahlawan apalagi merasa terpaksa aku akhirnya berdiri dan memberikan tempat dudukku kepada kakek itu dan setelah kakek itu mendapat tempat duduknya aku berfikir kembali
"Aku ini bakal tua bagaimana bila aku tua nanti naik bis dg kondisi bis yang penuh dan berdiri apabila aku pada saat muda selalu membiarkan orang yang lebih tua berdiri dan aku harus bersantai-santai di tempat dudukku aku rasa aku juga akan mengalami kejadian seperti itu nantinya dan bukan hanya itu karna memang kita harus peduli terhadap oarang lain apalagi orang yang lebih tua dan aku tak mau sma dengan "mereka" yang tak mau memberikan tempat duduknya buat orang tua padahal mereka lebih kuat dan punya banyak tenaga dan aku tak mau menjadi orang2 yang tak peduli.

2 comments:

Dedee Huang said...

trus? kaw kasih tuh bapak duduk dak?

Ranny Rachma Suci said...

aku kasih lah dedi :p makanya baca sampai habis dung ^_^